Laman

Rabu, 26 Januari 2011

Susah Konsentrasi, Mungkin Ini Biangnya!

Konsentrasi yang buruk bisa saja mengganggu pengolahan informasi di otak sehingga kita menjadi mudah lupa. Penurunan konsentrasi ini sering kali disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan yang kita lakukan. Kebiasaan apa saja yang bisa membuat kita tidak fokus? 

Yuk, sama-sama kita kupas satu persatu...!!

1. Media sosial
facebook, twitter, friendster, google, yahoo, koprol, media sosial, social networking
Meski tidak menderita gangguan konsentrasi, dunia modern sekarang ini penuh dengan hal-hal yang membunuh konsentrasi. Media sosial merupakan salah satu penyebab utama kita kehilangan fokus kepada pekerjaan. Setiap perubahan status atau komentar bisa membuat perhatian berangsur-angsur menuju ke arah sana, sehingga pekerjaan kita terbengkalai.. Benar kan?

Solusinya: Tahan diri untuk tidak masuk (login) ke dalam situs jejaring sosial ketika sedang melakukan pekerjaan. Ini penting lho, karena jikasudah terjerumus, maka akan susah melepaskan diri. Toh nanti kita memuaskan rasa penasaran akan status terkini teman Anda ketika istirahat makan siang. Apabila masih juga tidakbisa menahan diri, tinggal cari saja tempat di mana tak ada koneksi internet, atau tinggalkan dulu smartphone kita di laci biar semedi dulu disana..

2. E-mail
email logo, incoming mail,electronic mail
Meski kebanyakan e-mail yang masuk dalam inbox terkait dengan urusan pekerjaan, hal itu masih dihitung sebagai pengalih perhatian dari apa yang sedang dikerjakan. Apalagi biasanya e-mail menuntut kecepatan kita untuk meresponsnya.

Solusinya: Hindari memeriksa inbox Anda setiap saat. Tetapkan waktu secara berkala, misalnya nih tiap 30 menit sekali untuk melakukannya. Di luar jam kerja, mungkin kita bisa mematikan sejenak aplikasi e-mail dalam laptop atau smartphone.

3. Melakukan beberapa pekerjaan (multitasking)
multitasking
Jangan mentang-mentang bisa melakukan segala hal, lantas semua hal itu dikerjakan dalam waktu bersamaan dengan dalih 'biar cepat' dan sebagainya. Padahal, sebenarnya kita akan lebih efisien jika mengerjakan satu pekerjaan sampai tuntas sebelum beralih ke tugas lainnya. Mengerjakan beberapa tugas sekaligus akan membuat konsentrasi terpecah. Ga percaya?? dicoba aja!

Solusinya: Jika memungkinkan, lakukan satu pekerjaan sampai selesai sebelum memulai tugas lainnya, terutama jika mengerjakan tugas yang memiliki prioritas tinggi. Lakukan cara multitasking ini untuk pekerjaan berprioritas rendah.

4. Kebosanan
Mengerjakan tugas-tugas rutin dengan cepat akan menimbulkan kebosanan sehingga kita pun dengan mudah teralihkan pada hal lain, seperti internet atau ponsel.

Solusinya: Tak ada salahnya menghadiahi diri sendiri setelah kita mampu fokus pada satu pekerjaan dalam periode tertentu. Misalnya secangkir kopi setelah 2 jam menyelesaikan sebuah laporan.

5. Kelelahan
lelah, capek, pengen tidur
Siapa pun akan sulit berkonsentrasi saat tubuh didera rasa lelah. Kurang tidur sering membuat kita tidak fokus, bahkan kehilangan memori jangka pendek.

Solusinya: Orang dewasa butuh 7-9 jam waktu tidur setiap malam. Oleh karena itu, jadikan waktu tidur sebagai prioritas pada penghujung hari.. Simple kan??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar